Membantu UMKM Lewat GandengTangan

Membantu UMKM Lewat GandengTangan

Baru-baru ini gue menemukan satu platform crowdfunding yang cukup unik, namanya GandengTangan. Berbeda dari platform lain, mereka berfokus untuk memberdayakan usaha rumahan atau biasa disebut usaha mikro. Jadi, buat kalian yang memang ingin berkontribusi lebih ke masyarakat tapi modal terbatas atau ngga tau harus menyalurkan dana ke mana, kalian masih bisa kok membantu UMKM lewat GandengTangan.

The Power of The Youth

Seperti biasa, sebelum gue join platform atau aplikasi apapun, gue akan cek dulu management team di belakangnya. Dan ngga jauh berbeda dari fintech dan start-up lain, GandengTangan pun dimotori oleh orang-orang muda dengan skill yang ngga perlu dipertanyakan lagi. CEO & Founder GandengTangan, Jezzie Setiawan, adalah lulusan ITB School of Business & Management dan Master dari University of Exeter dengan pengalaman bekerja di bank dan sekuritas serta menjadi dosen part-time. Co-founder lainnya juga punya track record yang jelas di bidang sosial dan berpengalaman bekerja di komunitas lokal.

Setelah gue join dan jalan-jalan di proyek UMKM-nya (sejauh yang gue lihat masih level Mikro sih), ternyata banyak banget anggota masyarakat yang memanfaatkan platform ini. Banyak usaha rumahan yang mengajukan pinjaman, mulai dari warung, toko kecil, usaha gas, air minum isi ulang, tukang jahit sampai supir truk! Dan dari sini gue baru tahu, kalau supir-supir independen itu baru dibayar setelah pekerjaannya selesai (barang delivered)! Nggak dapat advance atau DP, padahal kan butuh duit juga ya buat beli BBM dan sangu. 😭😭

GT-Trust

Menurut gue, GandengTangan punya unique value tersendiri dengan mengadakan program pendampingan dan pelatihan yang disebut dengan GT-Trust. Jadi para peminjam yang pengusaha rumahan ini ngga dilepas begitu saja kalau pinjamannya disetujui. Mereka bakal selalu didampingi oleh member GT-Trust yang akan membantu usaha mereka supaya bisa berkembang. Profil para anggota GT-Trust ini pun sangat beragam, mulai dari mahasiswa, akuntan, pekerja NGO sampai relawan. Ini cocok banget buat orang-orang yang punya jiwa sosial tinggi atau mahasiswa / fresh graduate yang ingin punya pengalaman di komunitas lokal.

Investasi di GandengTangan

Durasi pinjaman di GandengTangan cukup beragam, mulai dari 2 minggu sampai 12 bulan! Kebanyakan yang meminjam dengan durasi 2 minggu ini adalah warung / toko kecil. Imbal hasil yang bakal diterima investor juga cukup menarik, mulai dari 10% – 14.4 % per tahun (prorata). Pinjaman bertenor pendek imbal hasilnya lebih tinggi, misalnya untuk durasi 2 minggu sebesar 0.6% (atau 14.4% kalau disetahunkan). Sedangkan pinjaman bertenor panjang memiliki imbal hasil yang lebih kecil, contohnya pinjaman dengan tenor 12 bulan bunganya sekitar 11% per tahun. Ini berdasarkan data proyek yang ada sekarang di website GandengTangan ya, ke depannya mungkin aja akan berbeda.

Update (09/09/2018): sesudah dua bulan join, ada beberapa loan yang sudah jatuh tempo dan oleh si peminjam dikembalikan tepat waktu ke gue. Untuk loan bertenor panjang (12 bulan), so far gue lihat cicilannya juga dibayarkan teratur (pokok dan bunganya). 

Anyway, di sini gue ngga niat banget cari profit sih karena menurut gue platform semacam ini sangat besar social impact-nya dan patut didukung. Kalau ternyata ada benefit lain yang didapat, misalnya return yang lebih bagus dari deposito, why not? 😆

Happy investing! 

 


Baca juga:
Investasi P2P Lending di KoinWorks
Bantu Petani Lewat Crowde
Beternak Online di Angon Indonesia


 


One Reply to “Membantu UMKM Lewat GandengTangan”

  1. Nice post! Harus segera main ke situsnya ini, hehehe. Akan semakin bagus jika semakin banyak pengusaha menengah ke bawah (pengusaha kecil) terbantu…

Leave a Reply